Kue Khas dari Kota Medan

November 19, 2013 Aduk Resep  No comments

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas, salah satunya adalah kue khas daerah. Salah satu jenis makanan yang biasanya hanya ditemukan di daerah tersebut biasanya menjadi salah satu hal yang akan dicari ketika pergi ke sana. Kue itu akan dijadikan oleh-oleh khas bagi keluarga, teman atau sahabat di kota asal.

Tidak lengkap rasanya tidak membawa oleh-oleh makanan khas seperti kue dan yang lainnya jika pulang ke rumah. Ada anggapan bahwa kita tidak dianggap pernah pergi ke suatu daerah tanpa membawa oleh-oleh khas daerah itu. Medan sebagai kota besar ketiga di Indonesia ternyata juga memiliki beberapa jenis kue yang tidak akan ada di kota lain. Apa saja kue itu?

Bika Ambon dan Bolu Meranti Kue Khas Kota Medan

Berbicara mengenai kota Medan, sudah banyak orang yang akan mengingat dua kue khas daerah itu. Bika Ambon dan Bolu Meranti adalah jawabannya. Kedua roti ini memang menjadi salah satu icon kota Medan dari segi oleh-oleh. Dua kue tersebut tidak akan pernah ditemukan di daerah lain karena namanya saja kue daerah jadi kalau ada di daerah lain sudah hilang auranya. Yang pertama akan dibahas mengenai Bika Ambon. Kebanyakan orang akan tertipu ketikan mendengarnya.

Kue Khas dari Kota Medan

Kue dengan nama pulau Ambon ini ternyata bukan berasal dari Ambon tetapi Medan, kota yang tidak saling berdekatan. Entah bagaimana nama Ambon bisa tersemat di kue legit itu. Tapi yang pasti kue Bika Ambon sudah sejak lama terkenal sebagai oleh-oleh khas Medan. Ada banyak penjaja Bika Ambon di Medan, tapi yang paling terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jl. Mojopahit No. 62 dan No. 96 DEF, Medan.

Bolu Gulung Meranti masuk ke daftar nomor dua kue khas kota Medan. Kue dengan bentuk bulat lonjong serta memiliki aneka rasa ini masih kalah lama dibandingkan dengan Bika Ambon. Meskipun begitu Bolu gulung Meranti tidak boleh diremehkan. Rasanya yang tidak ada duanya serta tekstur bolu lembutnya, sulit sekali dilupakan bagi yang sudah memakannya. Itulah dua jenis kue khas kota Medan yang sudah lama dikenal. Tidak lengkap rasanya pulang dari Medan tanpa membawa kedua kue tersebut.

This post has already been read 3186 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>