4 Kue Khas Kota Jambi

June 20, 2013 Tekhnik Memasak  No comments

kue-khas-jambi-kue-srikaya

Kue Srikaya

Kue khas Jambi yang satu ini berbahan dasar tepung yang sudah menjadi tape. Kue Srikaya dibuat dengan mencampurkan adonan tape dengan santan kemudian diberi warna cerah biasanya hijau atau kuning.

Tambahkan sedikit pengharum makanan untuk kue srikaya, bila pewarna yang dipakai berwarna hijau biasanya aroma yang dipakai adalah aroma daun pandan. Adonan kue Srikaya di masukkan ke dalam mangkuk dari daun pisang dan dikukus hingga matang.

Kue Gandus
kue-khas-jambi-kue-gandus
Kue Gandus memiliki tekstur kenyal dan gurih setelah matang. Kue khas jambi yang ini berbahan tepung beras, santan dan sagu. Campuran sagu yang membuat kue Gandus menjadi terasa kenyal saat dipegang. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan adonan tepung, bawang putih, cabe kemudian dicetak bulat. Agar lebih gurih kue Gandus ditaburi ebi, ayam dan daging sapi giling di bagian atasnya. Ada juga yang menaburkan abon ikan sebagai pelengkap. Wisata kuliner ini sangat disukai bagi orang yang gemar makan pedas.

Kue Burgo
kue-khas-jambi-kue-burgo
Kue khas Jambi yang satu ini ini berbahan dari campuran tepung beras dengan sagu tani. Tekstur kue Burgo lembut dan kenyal seperti kue Gandus. Kue khas Jambi yang satu ini seperti dadar gulung dan cara penyajiannya perlu di potong dulu adonannya kemudian siram dengan kuah santan dan taburi dengan bawang goreng. Kuah santannya terbuat dar kaldu ikan dan udang. Jangan lupa cicip Kue Burgo yang saat wisata kuliner di Jambi.

Kue Pedamaran
kue-khas-jambi-kue-pedamaran
Kue khas Jambi yang bernama kue Padamaran ini berbahan tepung beras. Cara membuatnya tidak sulit yaitu dengan mencampurkan tepung beras, santan dan air daun suji. Air daun suji di dapat dari tumpukan daun suji yang ditumbuk setelah dicuci terlebih dulu. Gunakan daun suji asli bukan pewarna buatan untuk mendapatkan aroma yang wangi dan sehat. Setelah semua bahan teraduk rata kemudian cetak dalam takir daun pandan. Selamat mencoba kue khas jambi yang menjadi salah satu wisata kuliner masyarakat setempat.

Source : koperseru

This post has already been read 5734 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>