Kenapa Kita Bisa Menangis Saat Mengiris Bawang?

December 27, 2013 Tekhnik Memasak  No comments

Bermacam masakan kita sajikan menggunakan bawang. Baik itu bawang merah atau bawang bombay dan bawang putih. Tapi kenapa kita bisa menangis saat mengiris bawang merah atau bawang bombay? Biasanya air mata semakin tidak bisa berhenti keluar saat mengiris bawang bombay.

Jadi, saat bawang bombay diiris, sel-sel di dalamnya ikut rusak. Saat kerusakan terjadi dengan dipaksa keluarlah senyawa yang bernama asam sulfenic. Zat ini bereaksi dengan enzim dan menghasilkan gas yang disebut propanethiol S-oxide. Jika gas tersebut masuk ke mata dan bercampur dengan air di dalamnya, terbentuklah asam belerang.

mengiris bawang

Nah, adanya asam belerang membuat mata menjadi perih sehingga menyebabkan mata menangis secara terus menerus. Saat dimasak, enzim menjadi tidak aktif dan akhirnya mata kembali ke kondisi normal. Sebagian orang percaya hal yang alami ini dibiarkan saja untuk sementara waktu karena mata yang perih tersebut menandakan mata kita sedang kotor. Namun, bila air mata terus tumpah dan mengganggu proses memasak, tentu tidak bisa dibiarkan.

Cara menghentikan air mata saat mengiris bawang

Mengiris bawang bombay di dalam air

Metode mengiris bawang bombay seperti ini memanfaatkan teori yang menyebutkan bahwa gas yang dihasilkan bawang bisa bereaksi dengan air di dekatnya, bukan yang ada di dalam mata kita. Tapi metode mengiris bawang seperti ini beresiko melukai tangan kita. Sementara mengiris bawang di dekat air mengalir jelas merupakan bentuk pemborosan.

Mendinginkan bawang

Mendinginkan bawang, tidak perlu sampai beku, kabarnya dapat memperlambat pengeluaran asam dari bawang. Cukup tinggalkan bawang 10-15 menit di dalam freezer lemari es sebelum mengirisnya. Tapi, bila getah atau senyawa yang ada dalam bawang banyak maka metode ini jadi sia-sia.

Mengiris dekat garam

Garam bisa menetralisir walau berbeda cara kerja dengan air. Namun, kebanyakan orang indonesia melakukan metode ini.

Ibu juga bisa menjelaskan hal ini pada si kecil saat mengajarkan anak memasak untuk pertama kali. Jangan biarkan anak menyentuh atau mengucek mata saat mengiris bawang. Biasakan untuk segera mencuci dengan sabun agar tidak ada getah yang tersisa di jemari dan tangan si kecil.

Temukan Tekhnik Memasak Lainnya!

This post has already been read 3796 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>