Panci Terbakar Saat Membuat Bolu Kukus

June 20, 2013 Tekhnik Memasak  No comments

Sekedar mau share apa yang pernah saya alami dulu. Jadi suatu ketika saya beli panci di pasar dekat rumah. Si penjual bilang panci ini berbahan alumunium, tapi karena waktu itu saya baru pindahan dan belum membawa semua perabotan memasak jadi yasudah saya beli saja. Memang harganya tidak terlalu mahal, panci berdiameter 30 cm harganya 70.000 rupiah. Wajar saya beli, karena semua bahan untuk membuat bolu sudah ada ditangan saya.

Sampai dirumah, saya langsung buat adonan bolu kukus. Adonan jadi dan sudah dimasukkan ke dalam cetakan kue. Air untuk mengukus juga sudah masuk ke dalam panci dan saya mulai memasukkan adonan bolu kukus yang pertama. Tidak lupa bagian tutup panci saya balut dengan kain bersih agar uap dari air rebusan tidak menetes pada adonan.

Beberapa menit kemudian bolu kukus pertama matang dan saya masukkan adonan bolu yang kedua. Sekitar 5 menit kemudian panci terbakar dari bagian bawah. Mengerikan karena apinya cukup besar dan asepnya memenuhi dapur. Kain yang saya gunakan untuk membalut tutup panci pun hangus terbakar. Padahal sebelum memasukkan adonan bolu yang kedua, saya sudah tambahkan air.

Mungkin panci terbuat dari bahan yang sangat buruk dan tidak tahan panas dengan jangka waktu yang lama. Sebaiknya selektif dalam membeli peralatan dapur. Harga murah perlu jadi pertimbangan lagi, ini yang saya dapat dari pengalaman saya soal panci terbakar ini.

This post has already been read 2140 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>