Teknik Memasak Kalkun Supaya Empuk dan Enak di Makan

December 6, 2013 Tekhnik Memasak  No comments

Para ibu yang sering memasak daging sebagai santapannya, pasti kebanyakan dari mereka akan mengeluh ketika memasak daging kalkun. Daging kalkun dikenal dengan tekstur daging yang alot dan keras jika dimasak. Sehingga, Anda pasti akan kuwalahan jika menyantap daging ini. Namun, apa semua daging kalkun jika dimasak selalu keras? Jawabnya tidak. Bagi para ibu yang tahu cara menaklukkan daging kalkun, pasti Anda akan membuatnya menjadi empuk dan enak jika disantap. Berikut teknik memasak kalkun, tentunya tips ini bisa membantu para ibu yang ingin menghidangkan makanan lezat dengan bahan dasar daging kalkun.

Teknik memasak kalkun yang pertama, Anda bisa memasak daging kalkun dengan cara memasukkan nya ke air yang dingin. Anda masukkan daging di dalam air yang dingin kemudian rebus sampai mendidih. Suhunya juga harus bertahap, dari suhu yang kecil lama kelamaan suhunya ditambah. Ternyata, cara yang ibu-ibu lakukan kemarin kebanyakan salah, karena para ibu biasanya akan merebus daging kalkun setelah airnya mendidih. Sehingga, daging yang itu bertekstur keras. Rebus daging tersebut kira-kira sampai 2 atau 3 jam, maka daging kalkun tersebut akan menjadi empuk.

Teknik memasak kalkun yang kedua adalah membungkus daging kalkun dengan daun pepaya yang sudah diremas-remas hingga keluar getahnya. Step-stepnya berikut ini, Anda sebaiknya memotong dan mencucinya hingga bersih. Kemudian masukan bumbu yang Anda inginkan dan bungkus lah daging menggunakan daun pepaya yang sudah Anda remas-remas tadi. Diamkan kurang lebih selama 30 menit karena enzim yang terdapat pada daun pepaya tersebut akan membuat daging lunak dengan sendirinya, sehingga bisa enak ketika Anda memakannya.

teknik memasak kalkun, masak kalkun empuk, kalkun

Teknik memasak kalkun yang ketiga adalah melumuri daging kalkun dengan parutan nanas karena nanas mengandung enzim bromelin yang mempunyai manfaat untuk melunakkan daging. Cara mengolahnya hampir sama dengan teknik merebus memasak kalkun yang kedua. Pertama, daging kalkun sebaiknya Anda cuci dengan bersih dan di potong-potong sesuai dengan selera. Kemudian lumuri daging dengan parutan nanas yang telah disiapkan sambil Anda remas-remas supaya nanas dapat meresap ke dalam daging. Terakhir, diamkan selama tiga puluh menit sebelum Anda mengolahnya menjadi hidangan yang lezat.

Beberapa teknik memasak kalkun di atas berguna untuk menyulap daging kalkun yang semula keras menjadi lunak. Jika selama ini Anda beranggapan bahwa daging kalkun sulit dimasak, maka anggapan Anda salah besar karena cara-cara memasak daging kalkun yang ditunjukkan tadi membuktikan bahwa daging kalkun sama seperti daging-daging yang lain yang bisa diubah menjadi makanan yang enak untuk disantap.

Jadi, bagi para ibu tak usah khawatir lagi ketika memasak daging kalkun, karena tips-tips tadi akan membantu memecahkan masalah anda. Selamat mencoba.

This post has already been read 44379 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>